Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

03 October 2013

Download MADILOG BAB II & III karya Tan Malaka [pdf]

MADILOG karya Tan Malaka, Seperti pada postingan sebelumnya, penulis pernah berjanji untuk melengkapi koleksi buku sobat. Terutama salah satu karya Tan Malaka yang sangat populer, yaitu MADILOG atau Materialisme, Dialektika dan Logika. Kali ini penulis akan memberikannya sebagai penebus hutang kepada pembaca sekalian, bukankah janji itu hutang?.

Madilog

Seperti yang sudah penulis paparkan sebelumnya, bahwa MADILOG atau Materialisme, Dialektika dan Logika merupakan salah satu karya penting yang di tulis oleh Tan Malaka. Tan Malaka sendiri merupakan salah satu tokoh kemerdekaan yang lebih banyak bergerak di belakang layar. Meskipun demikian, gerak serta kerja-kerja revolusioner Tan Malaka cukup masif dalam barisan perjuangan kemerdekaan.
MADILOG juga bisa dikatakan sebagai dobrakan pemikiran, karena lewat buku tersebut Tan Malaka menjelaskan tentang Materialisme Dialektika yang mendasari konsep sosialisme ilmiah Marx dan Engels. Tujuannya adalah untuk mengikis logika mistis yang cukup membudaya di Indonesia agar dapat beralih pada hal yang lebih rasional.
Ketika pada BAB sebelumnya buku ini sedikit mengulas tentang Kesejarahan MADILOG sendiri dan IKLIM, maka dalam BAB II & III ini Tan Malaka mengulas masalah FILSAFAT dan ILMU PENGETAHUAN-SAINS. Pemaparan akan dimulai dari ranah ruang lingkup filsafat terkecil, yaitu pemisahan pemikiran-pemikiran para ahli filsafat. Dengan kata lain, Tan Malaka mencoba meruntutkan pembahasan secara rijit agar pembaca sekalian tidak terlalu sukar dalam memahami.
MADILOG bukan satu-satunya karya Tan Malaka, sebab selain MADILOG juga ada karyanya yang lain. Seperti Semangat Muda, Aksi Massa, GERPOLEK (Gerilya-Politik-Ekonomi) dan karya-karya lainnya.

Baiklah, untuk lebih jelasnya langsung saja kunjungi koleksinya disini. Jika berkenan mendownloadnya, silahkan klik tanda panah kebawah di sisi kiri atas kemudian save dimana sobat bisa mengingatnya dengan mudah.
Demikian sedikit banyaknya mengenai MADILOG Karya Tan Malaka. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan dan kecerdasan bangsa. Jangan lupa, jika akan membaca siapkan dulu kopinya sebagai kawan menikmati setiap abjad sejarah dan ilmu. :)
Jika diantara pembaca masih ada yang bertanya-tanya tentang siapa sebenarnya Tan Malaka? jangan lewatkan tulisan yang satu ini, Biografi Tan Malaka (1897 - 1949).
Salam dari sudut keinginan berbagi, semoga harimu menyenangkan dan bermanfaat. Happy Blogging.



    

3 comments:

  1. ini downloadnya gmn bro?, docsnya minta permission itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di artikel cara download bro, silahkan. thks sebelumnya udah singgah

      Delete