Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

22 April 2011

Tanaman Menari 'jaipong'

Pernah mendengar nama tarian jaipong??
tentu pernah, tarian yang berasal dari jawa barat itu memiliki has tersendiri, yakni lenggak-lenggok badan seorang penari yang cukup gemulai dan indah itu. salah satu budaya kita itu memang sudah cukup tenar dalam kehidupan sehari-hari, dan tentu masih banyak jenis tarian lain yang bangsa ini miliki. dari sabang sampai merauke sangatlah luas, dan masing-masing daerah tentu memiliki ciri has budaya tersendiri, entah itu dari segi tarian, lagu, adat, dan masih banyak lagi, mungkin satu hari belum cukup waktu untuk menghirungnya.

bagi para pecinta dan kolektor tanaman hias, gambar tanaman diatas tentu sudah tidak asing lagi. sebuah tanaman yang memiliki nama latin anthurium jenmanii atau lebih dikenal dengan anthurium 'jaipong'. cukup unik memang gelar yang kasihkan kepada tanaman satu ini, namun bukan tanpa alasan julukan yang dikasihkan itu. secara sepintas tanaman ini memang tidak jauh berbeda dengan anthurium lainnya, namun jika diamati lebih seksama daun tanaman ini memiliki lekukan-lekukan yang sangat gemulai selayaknya tarian 'jaipong'. karena itu lah tanaman hias yang satu ini mendapat julukan anthurium jaipong. karena keunikannya itu, tanaman ini pun cukup laku dipasaran, tidak tanggung-tanggung harga yang bandrolkan terhadap tanaman ini pun cukup merogoh kantong. siapa yang mengira, kalau tanaman tersebut berharga jutaan rupiah.

kendati demikian mahalnya tanaman ini, namun anthurium jaipong tidak begitu suka dengan perlakuan yang istimewa dari pemiliknya, dalam artian seperti karantina diruangan tertentu, atau pemisahan dari tanaman yang lain karena takut rusak. kekhawatiran itu memang bagus, tapi jika berlebih itu justru berakibat fatal. anthurium jaipong ini tidak bisa lepas dari faktor lingkungan dan sirkulasi angin yang baik.
Faktor lingkungan biasanya berpengaruh pada suhu, temperatur, dan kelembaban lingkungan hingga sistem pencahayaan. Sedangkan sistem sirkulasi udara, termasuk arah angin masuk dan keluar serta besaran kecepatan angin yang disarankan. Sistem pencahayaan yang baik adalah sekitar 60%, dengan kelembaban cenderung tinggi dan temperatur antara 200sampai 27C. Untuk itulah jika ingin mengkarantina anthurium, sebaiknya perhatikan beberapa persyaratan tersebut jika Anda tak ingin kecewa di kemudian hari. untuk itu bagi anda yang berniat memelihara tanaman penari ini, alangkah baiknya mempelajari cara perawatan yang baik dan benar.

0 komentar:

Post a Comment