Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

29 August 2011

Predikat Guru Terbaik Masih Dipegang Oleh 'Pengalaman'

Saat perjalanan menembus dimensi ruang yang berbeda, mencoba menapaki sesuatu yang cukup terjal. bahkan sesekali melukai tumit dan berdarah, tak jadi soal tentang apa dan bagaimana caranya. yang terpenting adalah mencoba, setidaknya kalimat itu yang dulu sering ayahku katakan. untuk selalu mencoba, tak usah pikirkan hasil. nampaknya sekarang aku mengetahui maksudnya, bahwa kesuksesan ada diantara proses, bukan hasil. setidaknya mulai lah mencoba atau akan benar-benar kehilangan kesempatan.

Dalam kehidupan ini, tak mungkin kiranya tanpa tiada masalah yang menghampiri. sebab itu sama halnya sayur tanpa garam, mungkin. yang pasti tak akan mungkin itu terhindarkan dari kehidupan kita semua. karena itu, tak usah lari dari permasalahan. karena sampai lubang semut sekalipun rasa-rasanya akan ketemu juga dengan permasalahan. busungkan dada, tekadkan diri, hadapi semua dengan kepala dingin. sebab kepanikan hanya akan memperkeruh keadaan. setidaknya begitu sedikit mampu untuk mempermudah menemukan jalan keluar.

Dan kadang perjalanan memang tak selalu mulus, tak selalu menemukan jalan yang enak dan tanpa liku. tapi ingat kawan, kehidupan ini tanpa tantangan itu berarti sebuah usaha jalan ditempat alias tak ada pengalaman sama sekali. padahal teman, tahu kah engkau bahwa pengalaman masih dinobatkan sebagai guru terbaik dan disusul oleh google. bukan kah itu predikat yang sangat bagus teman?karena itu jangan pernah sepelekan yang namanya pengalaman. dan tentu jangan pernah takut untuk menghadapi tantangan hidup, sebab dari sana ada banyak pelajaran yang sangat luar biasa hebat.

Kita tahu, semua isi dalam situs-situs dunia maya sebagian besar merupakan hasil dari pengalaman yang kemudian dikemas sebagai sebuah ilmu. baik pengalaman secara langsung sebagai obyek maupun hanya pengalaman yang sudah melalui lantaran buku. itu semua pengalaman teman. ingatlah itu, pengalaman.

Setelah demikian itu, apakah sekarang anda sudah berfikir untuk mengemas asa dan membuangnya jauh-jauh?jika belum, lakukan lah sekarang atau akan ada badai penyesalan yang menghantammu. karena asa hanyalah virus perusuh semangat untuk maju. dan tentu tak pantas kiranya hal yang demikian itu dipertahankan ada dalam diri seorang yang ingin maju. sekarang sudah bukan zamannya bermuluk-muluk dalam menjalani hidup, kalau kata orang jawa sopo sing gelem obah, mesti bakale owah yang artinya 'siapa yang mau gerak, pastilah hasil'. apapun itu, lakukan lah. seperti apa pun, jangan pernah melihat hasil. yang terpenting mau bergerak.

"apapun impiannya, genggamlah erat-erat. sebelum semua terlambat dan penyesalan akan menghunus pada diri kita sendiri. keberuntungan merupakan bertemunya kesiapan diri saat menghadapi kesempatan. jadi, seberapa siap anda menghadapi keberuntungan. mulai lah persiapkan"

0 komentar:

Post a Comment