Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

10 April 2013

Download: Buku Dibawah Lentera Merah Karya Soe Hok Gie

Setelah beberapa hari lalu menulis tentang Jejak langkah perjalanan sosok pemuda yang berani melawan. Soe Hok Gie atau yang lebih akrab disapa Gie, nampaknya tidak afdol jika karya-karyanya tidak kita baca. Seperti yang dikisahkan dalam film biografi tentang Gie, ia adalah sosok yang selalu rajin dan berani dalam menulis. Salah satu karyanya yang cukup kondang adalah  "Di Bawah Lentera Merah". Sebuah buku karangan Soe Hok Gie yang menarasikan satu periode krusial dalam sejarah Indonesia yaitu ketika benih-benih gagasan kebangsaan mulai disemaikan, antara lain lewat upaya berorganisasi. Dalam buku ini Soe Hok Gie juga mengajak kita menelusuri kembali jejak-jejak pergerakan indonesia pada era 1917-1920-an dan lewat buku ini juga Soe Hok gie mencoba menyalakan lentera merah perjuangan pergerakan indonesia dan mengajak kita mencermati bagaimana para tokoh pergerakan tradisionalis indonesia mencoba menyikapi perubahan pada abad ke-20.

Buku Soe Hok Gie ini  termasuk salah satu di antara 15 buku yang dilarang peredarannya oleh pemerintah RI  tahun 1991, karena dinilai banyak menyerempet masalah politik, menyesatkan, memutarbalikkan sejarah, merendahkan pemerintah Orba dan pemimpin nasional.

Buku ini juga memotret bagaimana gagasan transformasi modernisasi berproses dari wacana tradisional ke wacana modern. Lebih khusus lagi buku ini, mengajak kita mencermati bagaimana para tokoh tradisionalis lokal tahun 1917-an mencoba menyikapi perubahan pada abad ke-20 yang dalam satu dan lain hal, punya andil menjadikan wajah bangsa Indonesia seperti sekarang ini. Selain itu yang perlu ditekankan bahwa salah satu sumber buku ini merupakan saksi hidup dari pergerakan tersebut yakni Semaun dan Darsono sendiri.

Silahkan Download Buku Dibawah lentera Merah ini, sebuah buku yang jelas mengisahkan bahkan mencoba mengungkapkan kebenaran sejarah dari sudut pandang lain.


Buku "Di Bawah Lentera Merah" Karya Soe Hok Gie



Baca juga mengenai jejak perjalanan Soe Hok Gie semasa hidupnya, tentang perjalanannya yang terus melawan dan melawan, dengan gigih dan penuh keberanian. Klik disini.

0 komentar:

Post a Comment