[Pdf] Download: Persoalan Ekonomi Sosialis Indonesia Karya Moh Hatta


Hatta merupakan peletak dasar ekonomi Indonesia yang bertumpu kepada ekonomi kerakyatan. Salah satu buah pikir Hatta di bidang ekonomi adalah Pasal 33 UUD 1945. Dia juga terlibat dalam kegiatan intelektual, menulis esai dan buku-buku tentang topik-topik ekonomi. Ide koperasi yang menjadi bagian integral dari perekonomian Indonesia akan menjadi proyek kesayangan Hatta. Dan ia akan menjadi promotor terdepan dari ide tersebut. Pada bulan Juli 1951, pada kesempatan Hari Koperasi, Hatta berbicara di radio tentang koperasi. Pada tahun 1953 kontribusi Hatta terhadap koperasi, menjadikannya digelari sebagai “Bapak Koperasi Indonesia” pada Kongres Koperasi Indonesia.

Selain koperasi, kontribusi utama Hatta dalam pembentukan Republik Indonesia adalah tata pengaturan kebijakan luar negeri Indonesia. Pada tahun 1948, Hatta menyampaikan pidato berjudul “Mendayung Diantara Dua Karang”. Di dalamnya, ia menyebut Perang Dingin serta konflik antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Hatta mengatakan bahwa kebijakan luar negeri Indonesia harus menjaga kepentingan sendiri dulu, bukan kepentingan AS dan Uni Soviet. Dengan mengatakan ini, Hatta ingin menjadikan Indonesia independen dalam memutuskan sikapnya selama Perang Dingin. Hatta juga menambahkan, bahwa Indonesia harus menjadi peserta aktif dalam perkembangan politik dunia. Doktrin ini, yang akan dikenal sebagai doktrin “bebas dan aktif”, terus menjadi dasar dari kebijakan luar negeri Indonesia.

Selain itu Moh. Hatta juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia bersama Soekarno. Moh Hatta ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 23 Oktober 198. Pria kelahiran Bukit Tinggi ini lebih akran disapa Bung Hatta, salah satu buku beliau yang cukup penting dalam jagat perekonomian Indonesia adalah "Persoalan Ekonomi Sosialis Indonesia". Untuk lebih jelasnya silahkan sobat download dibawah ini.


Persoalan Ekonomi Sosialis Indonesia Karya Moh Hatta



Baja juga mengenai sepak terjang beliau dalam pembangunan Indonesia. Sebagai salah satu pejuang negara yang gigih. Silahkan lihat disini.

Artikel Terkait

0 komentar

Tinggalkan komentar anda disini

Komentar Facebook