Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

05 June 2013

Cara Mudah Meningkatkan Pengunjung Blog

Beberapa pekan lalu aku menuliskan Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Dengan Direktori, kali ini sedikit berbeda. Meskipun secara garis besar bisa dibilang mirip, pasalnya masih seputar cara meningkatkan pengunjung blog. Karena hal ini merupakan mimpi terbesar bagi para blogger sejati, hee ternyata bukan cuma cinta dan perhabatan saja yang mengenal kata sejati.



Dalam hal ini, guna meningkatkan pengunjung blog rajin update masih menempati posisi puncak dari beberapa point penting. Percuma, mau ahli SEO sehebat apapun jika blog tidak di update tetep saja susah dalam artian tidak membiarkan blog terbengkalai begitu saja tanpa rajin-rajin di update. Nah, bagi pemula atau kaum awam dalam urusan blog, tentu butuh kerja keras dan konsistensi yang tinggi.

Berikut beberapa tip agar blog banyak pengunjung yang menurut saya optimal.

1. Rajin Update
Rajin update masih menjadi point paling penting dalam urusan meningkatkan pengunjung pada blog kita. Ingat, bahwa pengunjung berarti pencari informasi karena itu kita perlu melakukan pembaharuan informasi secara konsisten. Jika kita rajin update atau memperbaharui informasi, sudah barang tentu blog kita akan masuk dalam daftar baik. Atau dengan kata lain, orang yang sudah mengikuti blog kita akan terus mendapatkan informasi menarik dan yang paling utama adalah informasi terbaru.

2. Buat Tampilan Blog Menarik
Bagi pemula seperti saya, biasanya seringkali terjebak dalam urusan tampilan. Memang dalam proses ini sangatlah menarik, saking menariknya kerapkali kita justru mengabaikan untuk posting atau memperbaharui informasi. Nah, apakah anda termasuk orang seperti saya yang kadang justru nyasar dalam lingkaran ini? jika iya, maka mulai sekarang kesampingkan dulu. Sebab bagi blog yang masih berumur bulanan atau baru, update jelas merupakan hal terpenting. Selain itu, tampilan blog juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat berkunjung ke blog kita.

3. Blog Walking
Blog walking merupakan salah sebuah istilah dalam dunia blogging saat melakukan kunjungan. Nah, jika anda menginginkan pengunjung blog ramai, maka rajin-rajinlah melakukan Blog Walking. Tapi ingat, dalam melakukan ritual yang satu ini kita juga jangan sembarangan atau asal-asalan. Hal yang perlu digaris bawahi dalam soal ini adalah setiap blogger pasti menginginkan pengunjung yang ramai. Artinya kita perlu meningkatkan kesadaran bersama, terutama terkait soal kunjung-mengunjungi. Dengan melakukan blog walking juga jangan lupa tinggalkan jejak anda melalui kolom komentar atau buku tamu. Serta ikuti aturan blog yang kita kunjungi agar tidak dianggap spam.

4. Promosikan Blog
Jika anda sudah melakukan tiga ritual diatas dengan telaten, jangan lupa juga promosikan blog anda kepada khalayak. Dalam urusan yang satu ini, tentu sangatlah mudah. Pasalnya media jejaring sosial sudah cukup banyak dan familiar dikalangan orang banyak. Gunakanlah media tersebut sebagai lapak promosi blog anda dengan optimal. Selain melalui media jejaring sosial, dalam melakukan promosi juga bisa menggunakan media lain seperti sticker dan lain sebagainya.

5. Bergabung Di Komunitas Blog
Tentu kita sangat sepaham, bahwa yang namanya komunitas biasanya berisi orang-orang yang memiliki tujuan sama atau minimal memiliki kesamaan hobi. Artinya, dengan kita bergabung di komunitas blog maka tentu kebanyakan anggotanya pastinya memiliki hobi blogging juga. Nah, dengan begitu akan mempermudahkan anda. Sebab sesama blogger biasanya lebih bisa saling memahami. Atau dengan kata lain sesama blogger lebih bisa menghargai.

Demikian sedikit tip cara meningkatkan pengunjung blog. Meskipun demikian, hal yang perlu ditekankan adalah ketekunan. Artinya sampai dimana ketekunan kita dalam mencoba mewujudkan konsistensi dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam mengelola blog agar menjadi media informasi. Artikel diatas sejatinya hanyalah sebuah stimulus, dan tentu masih banyak lagi cara-cara lain guna memaksimalkan pengunjung.

2 comments: