Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

28 July 2013

Beberapa Alasan Orang nge-Blog

Perkembangan internet semakin hari kian pesat, angka pengguna terus mengalami peningkatan. Selain fitur hiburan yang cukup komplit, dunia internet juga merupakan media penyedia informasi terkini yang cukup update. Dengan se-abreg perkembangan dari dunia internet, salah satunya adalah blog. Dimana kian hari kian banyak kemunculan blogger-blogger hebat. Nah, apa saja kira-kira yang menjadi alasan orang untuk nge-blog.
Menulis & Blogging
Secara garis besar, penulis disini sangat yakin bahwa masing-masing tuan blog pasti punya alasan-alasan yang berbeda dan menarik. Dalam postingan kali ini, penulis akan mencoba mengulas apa saja kira-kira alasan orang ngeblog. Tentu ini sama sekali bukan pandangan objektif, namun hanya bersifat subjektifitas penulis dalam berkecimpung di dunia blog.

Beberapa alasan orang nge-blog:

  • Sebagai catatan pribadi/ blog diary
Tuan blog yang memiliki tujuan ini biasanya akan mengulas hal-hal pribadi dalam postingan blognya. Mulai dari aktivitas sehari-hari sampai catatan-catatan kecil mengenai apapun yang dijumpai dalam kehidupannya. Namun tetap rajin menulis atau tidak dengan mudah membiarkan rumahnya sepi tanpa konten. Karena tulisan-tulisannya yang bersifat kehidupan pribadi, maka blog seperti ini biasa disebut dengan istilah diary blog.

  • Hanya karena gengsi atau ikut-ikutan
Jika yang pertama tadi berupa cerita kehidupan sehari-hari, untuk alasan yang kedua ini sedikit nyleneh. Tapi percayalah hal ini benar-benar ada dalam dunia blog, seperti yang penulis paparkan diatas bahwa setiap empu blog pasti punya alasannya masing-masing. Secara konten hampir sama dengan yang pertama, bedanya tipe yang kedua ini lebih jarang update/ dengan kata lain lebih seneng membiarkan blognya kosong. Seperti alasannya, karena cuma ikut-ikutan dan tanpa dibarengi dengan pembelajaran untuk bisa.

  • Untuk berbisnis
Perkembangan internet terus mengalami kemajuan, berbagai macam fitur telah banyak ditawarkan dalam dunia ini. Salah satunya adalah pasar maya, dengan memanfaatkan internet banyak para blogger melakukan berbagai eksperimen untuk menjajakan produknya lewat blog. Alasan yang ketiga ini tentu banyak dilakukan oleh para blogger sejati/ masterblog. Metodenyapun beragam, ada yang secara langsung menjual produknya sendiri dan banyak juga yang hanya menjadi agen atau menjadi publiser. Istilah publiser sendiri berarti sebagai jasa penampil iklan produk orang lain/ perusahaan lain.

  • Berbagi informasi
Biasanya ini bisa kita lihat dari situs-situs portal berita atau komunitas, para tuan blog akan dengan senang hati berbagi informasi menarik apapun dengan cuma-cuma. Mulai dari tip dan trik mengelola blog, sampai informasi peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam realitas masyarakat luas.


Dari beberapa Alasan ngeblog diatas, secara garis besar sebenarnya hampir semua di dasari oleh hobi kecuali orang-orang yang nge-blog hanya karena ikut-ikutan. Nah, meskipun cuma sekedar hobi apabila dilakukan dengan serius dan bersungguh-sungguh apakah juga bisa menghasilkan rupiah? jawabannya sangat mungkin. Tinggal seberapa serius dan sungguh-sungguh kita berfantasi dalam dunia blog. :D

Nah, sampai disini apakah anda sudah menemukan alasan kenapa anda harus nge-blog? dengan berlama-lama didepan layar monitor sampai mata terasa perih? Jika belum menemukan, segera temukan alasan tersebut. Karena dengan begitu siapa tahu kita akan lebih mudah menemukan stimulus buat pribadi kita dalam menjaga dan merawat blog kita dengan konten-konten yang bermanfaat. Sekian dulu dari saya tentang Alasan orang nge-blog. Semoga bermanfaat dan happy blogging. :D

0 komentar:

Post a Comment