Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

16 July 2013

Jalan Rusak di Cilacap: Permasalahan Yang Sama Setiap Tahun

Jalan Rusak di Cilacap
Secara umum telah tercatat dalam benak masyarakat Cilacap sendiri, bahwa pergantian kepemimpinan ditingkatan kabupaten telah memasuki ke sekian kalinya. Dan setiap pemimpin juga pasti memiliki model serta gaya kepemimpinan masing-masing. Bahkan dalam kampanye, masing calon selalu punya slogan berbeda-beda terkait kinerja yang akan dilakukan. Mulai dari perhatian lebih diranah kesehatan, pendidikan sampai pembangunan infrastruktur.

Apapun slogan dan seperti apapun model kepemimpinannya, setiap pemimpin jelas memiliki kewajiban yang sama yakni dalam mensejahterakan masyarakatnya. Sementara ketika kembali pada konteks awal, yakni seputar Cilacap itu sendiri. Maka akan timbul pertanyaan besar, seberapa efektif kinerja para pemimpin daerah telah mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat Cilacap khususnya.

Dalam hal ini, penulis akan mencoba mengajak semua pembaca yang budiman terutama warga Cilacap untuk menilik permasalahan Cilacap dari masa ke masa yang seolah monoton.

Hampir sepuluh tahun terakhir, warga Cilacap seolah terus-menerus dirisaukan dengan hal yang sama, yakni jalan rusak Cilacap yang setiap harinya semakin memprihatinkan. Mulai dari Cilacap timur sampai pada wilayah Cilacap barat. Meskipun proyek-proyek jalan seringkali digalangkan di desa-desa, ternyata hal tersebut kadang tidak dibarengi dengan kualitas aspal yang baik. Ataupun pembangunan jalan yang seringkali masih kurang maksimal.

Di tingkatan desa, bahkan tak jarang juga warga lebih memilih swasembada untuk program pengaspalan jalan. Hal tersebut banyak disebut-sebut karena sebagian warga Cilacap sudah merasa cukup bosan yang terus-menerus dikibuli oleh janji-janji.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, kemana selama ini pemerintah daerah? pasalnya, permasalahan jalan rusak di Cilacap bukan lagi hal baru. Itu artinya, sudah beberapa kali kepemimpinan persoalan di daerah Cilacap masih sama yaitu seputar jalan rusak. Bahkan dalam tingkat kekesalan warga yang sudah cukup pusing dan putus asa, muncul forum komunitas dengan pengumpulan koin peduli jalan Cilacap, sungguh harusnya ini menjadi pukulan yang sangat telak bagi pihak-pihak terkait.

Sementara, kabupaten Cilacap seringkali disebut-sebut sebagai kota industri. Dengan adanya beberapa perusahaan raksasa yang cukup memiliki peran penting di kota tersebut tentu harusnya pemerintah kabupaten lebih bisa mengimbangi kebutuhan masyarakatnya. Bukan hanya sebatas mengikuti perkembangan kebutuhan perusahaan-perusahaan yang ada.

0 komentar:

Post a Comment