Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

17 August 2013

Google ikut merayakan kemerdekaan Indonesia

Google ikut merayakan kemerdekaan Indonesia, enam puluh delapan tahun sudah berlalu bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya. Tentu bukan waktu yang singkat, meskipun masih jauh lebih lama Indonesia mengalami penjajahan dari pada kemerdekaannya.

Hari ini, tepat pada tanggal 17 Agustus 2013 Indonesia telah genap 68 tahun memperingati hari kemerdekaannya. Masyarakat saling bersuka cita dalam kehidmatan sebuah perenungan dari perjuangan para pahlawan yang terdahulu. Seluruh sekolah di nusantara ini akan melakukan sebuah ritual sakral dalam hari kemerdekaan ini. Sebuah ritual yang bernama 'upacara bendera', sebuah penghormatan terhadap Merah Putih dan para pahlawan bangsa yang dengan gigih memperjuangkan kemerdekaan tersebut.

Sementara dalam sebuah sudut dunia yang bernama internet, banyak orang saling mengucapkan selamat, umpatan, do'a-do'a dan harapan, semuanya hanya untuk satu hal Dirgahayu Indonesia yang ke-68. Kalimat-kalimat tersebut banyak terlontar dari para pengguna jejaring sosial.

Kemudian, dalam ruang yang berbeda Google sebagaimana terkenal dengan raksasa internet tersebut ternyata juga ikut merayakan kemerdekaan Indonesia. Adapun dapat dikatakan Google ikut merayakan kemerdekaan Indonesia dapat dilihat dari halaman utama Google. Dimana tulisan Google bercorak "Merah-Putih" dengan gambar Garuda berada ditengahnya yang juga digunakan sebagai pengganti huruf "O".

Meskipun pada khalayak umum terutama masyarakat Indonesia sendiri, "kemerdekaan Indonesia" justru kadang banyak dipertanyakan. Pasalnya fenomena korupsi yang banyak terjadi ditingkatan pejabat Negara seolah menjadi momok "korupsi berjamaah". Kemudian banyak lagi hal lain yang secara jelas semakin memperkeruh keyakinan bahwa Indonesia benar-benar sudah merdeka.

Namun, biar bagaimanapun Google telah memperjelas bahwa untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ada banyak cara. Upacara bendera hanyalah salah satu cara untuk memperingati hari kemerdekaan dan mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Semoga, dalam hari kemerdekaan Indonesia yang ke 68 ini Indonesia akan benar-benar mampu mempertegas tentang arti dan makna "kemerdekaan" itu sendiri. Indonseiaku, jayalah. "Sekali Merdeka tetap merdeka".



0 komentar:

Post a Comment