Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

30 April 2015

Kenapa Harus Ngeblog?

Kenapa Harus Ngeblog? pertanyaan tersebut tidak jauh berbeda dengan kenapa harus Menulis?. Yah, karena untuk ngeblog kita harus mengisinya dengan sesuatu atau yang biasa disebut content. Nah untuk membuat content kita harus menulis, minimal menulis judul dari content yang diposting. Kira-kira begitulah.

Lalu bagaimana cara menulis blog? atau bagaimana cara updateblog dengan mudah dan konsisten? silahkan baca disini.

Baiklah kembali pada judul tulisan ini, Kenapa Harus Ngeblog?

1. Blog Sebagai Save Memori

Sebagai manusia biasa kita (khususnya saya) sangat rentan dengan sifat "lupa" atas banyak hal yang sudah diketahui. Menjadi pelupa tentu sangat disayangkan, namun sifat lupa sendiri tidak bisa kita pungkiri. Hal tersebut tidak lain karena terbatasnya memori pengingat kita, walaupun secara ilmu kedokteran ada jutaan sel saraf otak yang begitu njlimet. Dari situ adakalanya kita perlu wadah atau katakanlah tempat singgah pengetahuan kita sebagai tapak tilas untuk dinikmati kemudian hari. Syukur, dapat memberi manfaat bagi orang lain. Tapi ingat, ada juga hal yang sebaiknya dilupakan (re: masa lalu). haha

Dalam upaya membatu penyimpanan atas apa yang sudah kita ketahui inilah yang menjadi salah satu alasan Kenapa Harus Ngeblog. Dengan kata lain, melalui media blog kita bisa menitipkan pengetahuan kita kalau-kalau kita lupa. Dan blog akan menjadi alarm pengingat yang mutakhir atas apa yang kita ketahui dan lakukan, pasti deh akan senyum-senyum sendiri ketika kalian baca tulisan kalian dua atau empat tahun lalu.

2. Belajar Berbagi

Seperti yang sudah saya paparkan pada point pertama mengenai alasan Kenapa Harus Ngeblog, bahwa selain sebagai alarm mutakhir ingatan juga sebagai wahana berbagi pengetahuan, mulai dari informasi sampai pengalaman, mulai hal kecil sampai hal besar. Jika sudah begitu, alamak indah sekali rasanya dunia blogging itu, ada banyak ilmu bertebaran dimana-mana, tentang jatuh-bangun perjalanan, tentang kocaknya percintaan hingga dramatisnya sebuah politik.

Melalui blog kita bisa menuliskan apapun, dan siapa sangka tulisan kita ternyata memiliki manfaat bagi orang lain. Sungguh itu luar biasa kawan. Jadi, sudah siap untuk memulai berbagi hal-hal yang bermanfaat?

3. Belajar bijak menggunakan internet

Rasa-rasanya kita sudah memasuki era dimana internet menjadi salah satu hal yang cukup populer. Mengingat menjamurnya produk-produk telpon pintar, era dimana informasi benar-benar seperi bom waktu yang siap meledak kapan saja, dibicarakan siapa saja. Era dimana hampir segala lini kehidupan bisa dionlinekan melalui jejaring internet. Era inilah yang menjadikan kita seharusnya mampu untuk lebih bijak dalam menggunakan internet. Lihat saja, ada berapa banyak kasus video porno yang kemudian tersebar dan dapat diakses oleh seluruh dunia. Terakhir tentang portitusi melalui internet juga. Maka melalui blog inilah setidaknya kita dapat memberikan content-content segar dan positif, kocak, humoris, dan syukur memiliki nilai edukatif. Artinya sebagai pengguna kita juga perlu tahu bahwa bagaimanapun internet tentunya punya dua sisi berlainan, yaitu positif dan negatif. Maka perlu kiranya kita menggunakan internet dengan sebijak mungkin.

4. Mengasah Ketajaman Menulis

Sebenarnya saya beberapa kali pernah menulis tentang ManfaatDunia Blog Dalam Menulis. Disitu saya katakan bahwa untuk memabangun kebiasaan menulis tidak ada hal lain selain "memulai menulis" dan perbanyak membaca. Pun disini, mengenai Kenapa Harus Ngeblog? karena melalui blog inilah kita dapat belajar dan belajar untuk terus menulis. Pernah pada suatu ketika ayah saya bilang begini: "kita perlu memaksa diri kita melalukan hal baik, setelah berhasil maka paksaan itu akan berubah dengan sendirinya menjadi kebiasaan. Dan apabila kita sudah terbiasa melakukan hal baik, maka kebiasaan tersebut akan berubah menjadi kebutuhan". Nampaknya memang benar begitu adanya diri kita, perlu memaksa diri sendiri dulu agar terbiasa melakukan hal baik. Misalkan saja dengan melalui blog ini sebagai ajang latihan menulis.

5. Hobi dan pekerjaan

Ada dua tipikal blogger yang secara garis besar bisa dikategorikan, yakni sebatas hobi dan karier. Point sebenarnya sangat berkaitan dengan point sebelumnya, bagaimana konsep paksaan menjadi kebiasaan, dan kebiasaan menjadi kebutuhan. Nah jika kalian bukan termasuk kategori hobi dalam dunia blog, maka cobalah untuk membantu mendongkrak karier melalui blog/ internet.

Sebab angka pengguna internet yang fantastis, tentu seharusnya menjadi lahan yang fantastis juga sebagai ajang promosi. Dinisilah peran internet (khususnya blog) bisa digunakan sebagai lahan untuk mendongkrak karier kalian.

6. Catatan

Hal yang paling simple dari Kenapa Harus Ngeblog yaitu sebagai catatan pribadi atau catatan keaeharian dalam hidup didunia. Keuntungan dari hal ini yaitu kalian hanya akan menulis hal-hal yang ada diaekitar atau bahkan yang kalian alami, jadi tidak begitu susah harusnya. Dan bisa jadi bahkan sangat mungkin pengalaman hidup yang kalian bagikan diblog memiliki manfaat bagi orang lain, termasuk saya.


Jadi, mungkin itu dulu sedikit hal yang bisa saya sampaikan kali ini. Ingat, internet tidak lain seperti kehidupan kita sehari-hari, bukankah hidup kalian bukan melulu makan atau tidur? sesekali jalan-jalan, ngobrol bareng temen, seru-seruan dan lain sebagainya. Begitupun dalam internet, ia bukan melulu soal facebook, twitter, line bbm de el el. Tapi ada ruang dimana kalian bisa mengeksplorasi diri kalian dalam imajinasi dan belajar, salah satunya melalui blog. Yakin, blogging itu seru kece dan bermanfaag. Salam.

3 comments:

  1. Thanks sob untuk informasi artikelnya :)
    http://goo.gl/YmsY8b

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi sama-sama...
      terimakasih telah singgah :))

      #HappyBlogging

      Delete
  2. trimakasih infonya...
    sangat menarik dan bermanfaat...
    mantap deh pokoknya...
    kunjungi balik yah nonton flim online di: http://inibos.com

    ReplyDelete