Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

22 March 2014

Bosan Menulis? Baca Yang Ini

Bosan Menulis? Baca Yang Ini


Blogger juga manusia, jadi jangan samakan dengan mesin yang siap kapan saja dan dalam kondisi seperti apapun. Yah, meskipun banyak yang hampir menyerupa mesin. Bukankah sudah kita bahas sebelumnya, mengenai budaya copy paste yang cukup meresahkan itu. Namun bisa jadi yang menyerupa mesin itu tidak akan pernah merasa bosan atau kehilangan inspirasi buat menulis, selagi masih mau mencari dimana yang bakalan di copas. :))

Namun bagi saya, kalian yang suka membaca pastilah bukanlah manusia yang memiliki tipe demikian. Saya percaya kalian selalu punya banyak cerita untuk ditulis, untuk didokumentasikan dalam blog kalian masing-masing. Seperti diblog ini, hampir semua isinya hanyalah sebuah cerita pengembaraan sang penulis. Enteng memang topik yang saya pilih, namun setidaknya saya mau mencoba untuk menulis. Nah, bagaimana dengan kalian? Masih mau berbagi cerita?.

Beberapa minggu ini saya cukup fakum dalam menulis disini, bisa jadi "karena alasan klasik" yang menjerat. Namun yang pasti aku merasa cukup bosan dengan aktifitas tersebut. Jangan tanyakan alasannya, karena saya juga sampai sekarang belum menemukannya. Namun setelah beberapa kali menerung, berpikir, dan mediasi (kaya apa ajah) saya menemukan sesuatu. Bukan hal yang istimewa memang, namun setidaknya saya mengerti kenapa kebosanan tersebut bisa menyerang.

Karena alasan tersebutlah akhirnya saya memutuskan untuk berbagi dengan kalian, namun bukan berbagi mengenai alasan kobosanan saya. Melainkan bagaimana agar pembaca bisa terhindar dari perasaan bosan seperti yang sala alami. Simak baik-baik berikut ini, tapi sebelumnya jangan tegang ya santai saja. Ini bukan hal yang mengerikan kok, masih dalam taraf manusia bukan mesin :))

Bosan Menulis? Baca Yang Ini:

  • Keluar Dari Rutinitas Biasanya
Jangan salah paham dulu, maksud saya kebosanan yang menimpa kita bisa juga terjadi lantaran aktifitas kita yang terlalu monoton. Secara tidak sadar membuat kita bosan dan mempengaruhi tingkat produktifitas kita dalam menulis. Karena itu sesekali cobalah keluar dari rutinitas sehari-hari, misalnya jika kita seorang pekerja ambillah libur sejenak. Atau jika kita seorang pelajar yang terlalu banyak tugas, tugas dan tugas, lupakanlah sejenak. Tapi ingat hanya sejenak, tetap kontrol diri kita jangan sampai kebablasan dalam menikmati hal tersebut.
  • Membaca Kisah Inspiratif
Sebenarnya secara umum, produktifitas menulis kita sangat dipengaruhi dengan seberapa semangat kita membaca karya orang lain. Karena selain kita menggunakan otak kita untuk menuliskan cerita misalnya, kita juga mesti menuplai otak kita dengan bacaan-bacaan tanpa henti. Karena keduanya saling selaras. Artinya ketika rasa bosan menyerang kita untuk menulis, bisa jadi ada hubungannya dengan minat baca kita yang menurun. Karena itu, guna membangkitkan semangat membaca lagi saran saya bacalah kisah-kisah inspiratif. Bisa novel, biografi, atau apapun yang kita anggap dapat menginspirasi kita untuk tergerak dan melakukan.
  • Perbaiki Pergaulan Dengan Teman-teman
Sebenarnya, untuk point yang satu ini berkaitan dengan point yang pertama. Artinya ketika rutinitas yang teramat sangat itu kemudian mampu mendirikan dinding terhadap pertemanan, maka hancurkanlah dinding. Karena tidak menutup kemungkinan, kebersamaan kita bersama teman-teman kita sesungguhnya merupakan hal yang sangat membantu. Kita bisa tertawa bersama, bernyanyi bersama, atau mungkin menikmati kopi. Karena itu dari kebersamaan yang secara kasat mata tidak seberapa itu, seringkali justru menyimpan cerita-cerita yang luar biasa menginspirasi. Ingat, bersama teman seringkali kita mampu meluapkan segalanya. Kita dapat berbagi, meskipun berbagi permasalahan sekalipun. Karena itu perbaiki hubungan pertemanan itu dan pertahankanlah, silaturrahmi itu membuat kita panjang umur (begitu agamaku mengajarkannya).
  • Bukalah Mata, Perhatikan Sekitarmu
Membaca bukan melulu soal teks, namun sangat luas. Bisa aktifitas orang lain, kebiasaan, atau bahkan sosial masyarakat. Terlebih menjelang pemilu seperti ini, saya yakin akan ada banyak cerita menarik yang dapat kita baca diluar sana. Karena itu mari buka mata kita, perhatikan sekitar kita masing-masing. Lalu, setelah itu kita tuliskan,, kita ceritakan apa yang terjadi diluar sana. Untuk apa?? untuk orang lain yang seperti kita, yang rela duduk berlama-lama didepan monitor untuk membaca kisah-kisah orang hebat, tapi bukan untuk di kopy paste. Barangkali dengan begitu kita akan saling berbagi informasi, kejujuran, juga sebuah kebenaran.
  • Lakukan Hal-hal Yang Menyenangkan
Apa kesukaan kamu? Berenang mungkin, atau memancing, atau travelling? Saya yakin kalian pasti memiliki kesenangan yang beragam bukan. Tidak jadi masalah menurutku, bukankah dalam Indonesia kita cukup banyak ragam budaya, suku, agama, bahasa, dan beragam kekayaan alam tentunya. Namun, kita tetap menjadi Indonesia bukan?? tentu saja hanya dengan kesenangan berbeda bukan berarti kita harus berjalan dialur yang berbeda pula. Karena itu jika ada rasa bosan menyerang, luangkanlah waktu dari rutinitas itu, lakukanlah kesenangan, dengan siapapun. Namun yang pasti, itu semua dilakukan dengan penuh misi yang baik. Salah satunya untuk mengembalikan semangat menulis, jika dari hal yang menyedihkan kita bisa menulis. Maka tidak ada alasan untuk tidak bisa menulis dari cerita-cerita kesenangan. Selamat bersenang-senang, ingat dan rangkumllah, kabari aku soal cerita menyenangkan yang kalian miliki itu. 
 
Demikian sedikit banyaknya dari tulisan yang saya paparkan, semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih suudah berkenan membaca tulisan  yang berjudul Bosan Menulis? Baca Yang Ini. Selamat berproses dan Happy Blogging.


0 komentar:

Post a Comment