Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

28 October 2010

INDAHNYA HIDUP

seperti apa kita sebenarnya dalam memaknai hidup??
yach...berawal dari kalimat yang sederhana itu lah kemudian banyak bermunculan persepsi. seperti dalam postingan saya yang sebelumnya bahwa hidup itu pilihan dan pilihan itu resiko, dan juga persepsi lain yang berargumen bahwa hidup itu indah. dan dari sini akan muncul lagi berbagai pertanyaan yang terkait dengan hidup itu indah. keindahan yang seperti apa yang dimaksud dalam pemaknaan hidup disini??

apakah keindahan yang bersifat menyeluruh atau hanya keindahan yang berlaku bagi golongan/kelompok tertentu. sebelum kita kearah sana, alangkah lebih efektifnya jika kita saling memahami esensi tujuan kita hidup. kebahagiaan kah, atau keindahan kah, atau hanya sebatas hidup kemudian mati dan selesai semuanya. apapun itu saya rasa masing-masing dari kita mampu menelaah apa yang menjadi tujuan kita bersama dalam menjalani hidup, tentu dalam hal ini tidaklah lepas dari unsur kebaikan yang kemudian berimbas pada kebahagiaan serta dikemas dengan keindahan-keindahan tertentu.
mungkin berawal dari situ akan diketemukan kenapa muncul asumsi bahwa hidup itu indah. dan keindahan itu bukan terletak pada panjang pendeknya umur, atau pada miskin dan kaya harta, bahkan tinggi tidaknya jabatan. melainkan terletak pada cara menuju puncak kesuksesan, karena banyak sekali orang yang mencapai tahap sukses tersebut, namun sangat sedikit yang menggunakan cara-cara baik. atau cara-cara yang tanpa menghilangkan nilai-nilai nurani. dalam kata lain bisa dikatakan keindahan itu terletak pada proses kita dalam menjalani hidup. dan berangkat dari sebab akibat, maka muncullah keyakinan bahwa kehidupan bersifat berkelanjutan. tidak hanya berhenti pada kematian disini saja. keindahan tersebut akan dirasakan ketika menjalani hidup dengan suka cita, kesungguhan dalam berusaha. jika memang demikian, lantas bagaimana dengan permasalahan-permasalahan yang akan dihadapi dalam kehidupan??yach...lagi-lagi saya katakan proses lah yang menjadikan keindahan itu akan dirasakan.
permasalahan merupakan bumbu dalam kehidupan, tinggal bagaimana cara penyikapan kita terhadap permasalahan tersebut. akan terpuruk kah atau justru akan semakin tegar dan dewasa. nah, disini lah letak keindahan itu yang paling nampak. yakni ketika menyikapi permasalahan dengan penuh kedewasaa. serta harapan-harapan pasti yang menjadi keimanan dalam kita menjalani kehidupan. dalam hal ini sering terjadi kekeliruan saat menyikapinya, bahkan sering juga dilakukan hal-hal yang ekstrim, seperti mencoba nebgakhiri hidupnya. yang demikian itulah yang tidak menemukan keindahan dalam kehidupan. biasanya didasari oleh tidak adanya harapan yang jelas. 

sehingga harapan itu tidak mampu memotivasi diri untuk terus bergerak maju, tanpa mengenal lelah. karena itu saya menegaskan bahwa harapan itu penting, harapan yang mampu memotivasi untuk terus bergerak maju dalam kebaikan, bukan harapan yang justru akan menjatuhkan pada jurang keterpurukan. sekali lagi keindahan dalam hidup itu terletak pada cara/proses menjalani kehidupan itu sendiri. bukan terletak pada tahapan akhir. jalani kehidupan dengan penuh suka cita dalam mencapai keberhasilan dari wujud harapan.

2 comments:

  1. haii..
    silahkan kunjungi http://jurnal.umy.ac.id/ untuk berbagai kumpulan jurnal. terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. hai juga...
    yups, makasih buat infonya...
    salam kenal dariku,,,sipemula didunia ini.

    ReplyDelete