Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

07 April 2013

Immanuel Kant (1724-1804)

Filsuf dan ilmuwan Jerman, sebagai seorang ilmuwan mengembangkan ide-ide dari evolusi tata surya dari nebula gas, keterbelakangan rotasi bumi oleh pasang surut, konsep Universe terdiri dari Galaksi, sehingga memainkan peranan penting dalam membentuk pandangan Alam sebagai pengembangan sesuai dengan proses sendiri. Dalam filsafat, ia adalah pendiri dari "Filsafat Kritis", prekursor langsung dari Hegel. Kant dihadapkan masalah yang ditimbulkan oleh Hume menunjukkan bahwa jika pengetahuan hanya bisa diperoleh dari pengalaman, maka sebenarnya tidak mungkin ada pengetahuan tentang dunia "luar sensasi" - namun pengetahuan positif jelas memang ada.

Dalam mempelajari bentuk kognisi dan batas-batasnya, Kant mengembangkan filsafat penuh dengan kontradiksi yang menyediakan bahan inilah Hegel mampu membangun. Kant menyatakan bahwa "hal-in-sendiri" (melampaui sensasi) pada prinsipnya diketahui - hanya "fenomena" yang diketahui. Menunjukkan bahwa proposisi yang berlawanan tentang sifat realitas dapat dibuktikan, Kant menyatakan bahwa kontradiksi ini hanya "tampak" dan pengetahuan "hal-in-sendiri" hanya dapat diakses oleh Iman. Pengaruh Kant masih jauh lebih luas daripada di kalangan filsuf Hegel hari ini dan teori sosial.Dunia filsafat mana Immanuel Kant masuk adalah salah satu terbelah oleh kontradiksi tampaknya tak terpecahkan. Periode dari awal pekerjaan Kant pada pekerjaan utamanya, Critique of Pure Reason, pada tahun 1769 dan penerbitan edisi kedua otoritatif pada tahun 1787 adalah periode kehamilan langsung dari Revolusi Perancis. Tapi Revolusi tidak menelorkan pandangan filosofis baru yang jelas di dunia. Sebaliknya, pendukung Revolusi ditaati penyelam sekolah filsafat, bahkan hampir tidak mampu berbicara dalam bahasa filosofis yang sama.Kant tinggal di Prussia Frederick Agung, seorang raja absolut yang mengangkat Prussia ke status kekuatan Eropa di mana seni dan ilmu berkembang, tetapi di mana kehidupan politcal hampir sama sekali tidak ada. Sebuah kontemporer Goethe, komposer besar, ilmuwan dan filsuf, Kant berada di tahun-tahun sebelumnya juga diserap dengan masalah ilmiah dan mengembangkan ide-ide penting dari evolusi Tata Surya, Galaksi, dan keterbelakangan dari rotasi bumi oleh pasang surut . Selama periode ini ia cenderung ke arah empirisme dan dipengaruhi oleh Skeptisisme dari David Hume.Namun, dari saat ia mulai bekerja pada apa yang menjadi Critique of Pure Reason (karya-karyanya berikutnya adalah Critique of Practical Reason dan Critique of Judgment), Kant menjadi sangat tidak puas dengan keadaan perang yang tampaknya ada dalam filsafat, dan mengambil pada dirinya tugas untuk menyelesaikan konflik ini.

Tentang Critique of Pure Reason :Dari bagian terakhir, Transendental Doktrin Metode, potongan pendek termasuk yang memberikan sekilas asal-usul pandangan Kant, termasuk kritik singkat dari mantan mentornya, David Hume: Skeptis of Pure Reason.Dari Pendahuluan, halaman pembuka, di mana Kant terbentang konsep prinsip sistemnya: sintetis dan analitik penilaian, Dari perbedaan antara Murni dan Empiris Pengetahuan, dan lain-lain.Dari sekitar seperempat jalan melalui Kritik tersebut, bagian yang berjudul Pengurangan Transendental dari Konsep Murni Memahami, di mana konsekuensi, sehingga untuk berbicara, pendekatan Kant dibawa keluar. Misalnya, Anda mungkin melihat bagian yang berjudul: Kategori tidak memiliki aplikasi lain Pengetahuan daripada Obyek Experience.Prestasi Kant sangat besar: ia mendirikan sebuah sistem kategori dan konsep filsafat yang merupakan dasar bagi pengembangan menakjubkan Filsafat Klasik Jerman (Kant, Fichte, Schelling, Hegel dan Feuerbach) dan kemudian Marxisme selama 50 tahun setelah Critique of Pure Alasan, dan tetap titik acuan bagi semua sekolah filsafat yang berpura-pura status ilmu pengetahuan, hingga sekarang.Dalam memfokuskan perhatian Kategori pengetahuan, Kant mengatur arah dan menyediakan alat yang sangat berharga bagi penyelesaian krisis filsafat yang ia coba, bahkan jika ia tidak sendiri mencapai resolusi ini.Lihat Hegel pada Kant dalam History of Philosophy, penilaian Hegel Kant dalam catatan kaki dalam Ilmu Logika, kritik diperpanjang Kant dalam The Kritis Filsafat dan assessements lainnya di sampler.

Refrensi :
http://www.marxists.org/glossary/people/k/a.htm#kant-immanuel 


0 komentar:

Post a Comment