Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

18 April 2013

Perbedaan Antara Pasar Uang Dan Pasar Modal

Perbedaan antara pasar uang dan pasar modal secara garis besar terletak pada jangka waktu atau jatuh tempo. Selain itu juga dalam fungsi dan instrumen.

Pada dasarnya istilah pasar uang agak terdengar rancu, sebab ketika kita berbicara pasar maka yang terbangun dalam kerangka berfikir kita adalah bertemunya antara penjual dan pembeli. Sementara disini nampaknya agak tidak mungkin ketika yang dimaksud dalam pasar uang adalah transaksi jual beli uang.

Lalu apakah ada kesalahan dalam istilah pasar uang?

Sebenarnya tidak ada yang salah, hanya saja perlu adanya kata kunci. Artinya dalam pasar uang yang lebih tepat adalah ketika berbicara skuritas.

Kemudian kenapa terjadi perbedaan tempo antara pasar uang dan pasar modal?

Ketika kita berbicara skuritas pasar uang, maka dalam transaksinya melihat komponen tertentu. Misalnya dalam pasar uang hanya bertransaksi dalam lingkup sertifikat sedangkan pasar modal sudah berbicara saham.

Dalam pasar uang juga terbatas pada pasar tertentu, sementara pasar modal mengacu pada bursa efek. Yang dalam hal ini, merupakan terjadinya saling menguntungkan antara perusahaan dengan pihak pemodal.

Dengan kata lain, melalui pasar modal tersebut pihak perusahaan bisa menawarkan rancangan keuntungan kepada pihak pemodal. Disitulah kemudian terjadi transaksi saling menguntungkan.

0 komentar:

Post a Comment