Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

10 October 2013

Ngeblog? Jangan Terlalu Tegang


Ngeblog? Jangan terlalu tegang. Santai saja, kalau kata orang jawa "alon-alon asal kelakon" yang artinya pelan-pelan asal dilaksanakan atau asal konsisten. Seperti halnya ketika kita di sekolah, kampus, rumah atau bahkan di manapun. Kita tetaplah kita, sekumpulan tulang belulang yang terbalut daging dan kulit. Rasa malas pasti menyerang, bisa sering bisa juga kadang-kadang. Karena itu kita perlu santai sejenak, begitupun ketika kita ngeblog Jangan Terlalu Tegang, santai saja.

Kenapa disini dikatakan bahwa Ngeblog Jangan Terlalu Tegang, seperti yang dipaparkan diatas bahwa kita tetaplah manusia biasa. Sesekali pasti akan dilanda rasa malas atau bisa juga diserang oleh kesibukan yang luar biasa hebat. Nah, jika sudah demikian biasanya blog kita akan dibiarkan tanpa di urus. Rumput-rumput liarpun akan tumbuh sembarang. Maka akan jeleklah blog kita, dan bisa jadi akan nerhantu. :) Karena penghuni jarang pulang, jarang merawat blog.

Secara garis besar tulisan ini direkomendasikan bagi mereka yang mengelola blog-nya secara pribadi. Seperti blog ini, karena blog-blog komunitas atau perusahaan biasanya sudah memiliki tim tersendiri atau sederhananya blog semacam itu biasa dikelola oleh banyak orang. Lalu kenapa kita perlu melakukan perawatan terhadap blog secara telaten atau rutin? Tentu pertanyaan tersebut sudah banyak di bahas oleh para master blog sesungguhnya. Salah satu alasan yang paling kuat yaitu mesin pencari Google.

Namun alasan tersebut ternyata banyak disalah gunakan oleh para blogger. Banyak blog/web yang menyediakan informasi palsu. Sebab mereka hanya main akal-akalan saja agar blog-nya cepat terindek mesin pencari. Kategori ini kerap kali memasang konten-konten yang tidak sesuai dengan judul artikel. Memang, terindek oleh mesin pencari dan blog menjali banyak pengunjung merupakan sebuah harapan banyak blogger. Namun kurang etis juga jika pada akhirnya kita hanya main tipu-tipu pengunjung yang baik hati itu.

Cara lain untuk cepat terindek mesin pencari yaitu update sesering mungkin. Namun dalam kasus ini juga seringkali berdampak tidak terlalu baik. Banyak kasus yang terjadi, lantaran menginginkan blog-nya update terus justru membuat empunya beralih menjadi tukang pungut tak bertanggung jawab. Kalaupun tuidak jadi tukang pungut, hanya menjadi blogger musiman. Nah, disinilah kenapa kemudian penulis menegaskan bahwa untuk Ngeblog jangan terlalu tegang. Artinya selalu mengedepankan cara-cara pintas untuk mendatangkan pengunjung tanpa dibarengi manfaat yang benar-benar dapat dirasakan oleh pengunjung tidak sepenuhnya dibenarkan.

Ngebloglah dengan santai, sebisa mungkin usahakan konsisten dalam mengupdate blog. Jika memang tidak mampu menulis setiap hari, penulis disini ingin menyarankan tulislah dengan jarak lebih lama. Misalnya, dua hari sekali atau bisa juga satu minggu sekali. Dengan begitu selain kita dapat mengatur ritme untuk update blog kita, juga bisa digunakan untuk menggali inspirasi-inspirasi yang akan kita tulis. Dengan begitu kita juga punya waktu jeda untuk istirahat dan tidak merasa terbebani. Dan yang paling penting adalah kita tetap bisa update blog dengan hasil tulisan kita sendiri, dengan begitu kita bisa terhindar dari perbuatan tercela (copas sana-sini).


Ngeblog? Jangan Terlalu Tegang, meskipun dalam hati kita sangat ingin mendapatkan pengunjung yang banyak dan dapat menikmati blog kita. Namun bukan berarti kita harus menghalalkan segala cara. Artinya setiap kesuksesan tidaklah mudah dalam meraihnya, karena setiap kesuksesan bukan sesuatu yang instan. So, mari budayakan Ngeblog dengan batasan-batasan yang ada. Terutama saling menghargai setiap karya orang lain. Selamat pagi dan #HappyBlogging.




6 comments:

  1. Happy blogging, too.. Hehe, iya nih. Karena efek deadline tugas dan sejenisnya, fokus pada blog pun terabaikan untuk sementara. Hihihi., Tapi, ngeblog itu ternyata ada efek candu-nya loh! Misalnya aja, bisa ngebuat saya uring-uringan pas nggak ngeblog sampai sebulan. Ehehe :D

    ReplyDelete
  2. hee selamat pagi mbak sherly...semangat ngeblog yaa..maaf agak telat blsnya :D
    mari kembali memanjakan kebebasan berpikir lagi..dan selalu happy blogging

    ReplyDelete
  3. tapi jangan juga sudah ngeblog terus tegang, kan jadi pertanyaan itu ngeblog atau apaan? hahaha

    ReplyDelete
  4. hahaaaa... tergantung ketegangan itu menuju kemana gan... :))

    ReplyDelete
  5. santai, bisa rutin aja sudah syukur,,, heheh

    ReplyDelete
  6. tegang ga papa, yang penting jangan terus tegang,,, bahaya,,,

    ReplyDelete