Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

22 October 2013

Download MADILOG BAB IV Karya Tan Malaka [pdf]

Masih tentang karya Tan Malaka yang sangat populer sobat, apa lagi kalau bukan MADILOG (Materialisme Dialektika dan Logika). Kali ini sudah memasuki BAB IV, jika pada BAB sebelumnya buku ini mengulas tentang FILSAFAT dan ILMU PENGETAHUAN (Sains) pada BAB IV Tan Malaka akan memaparkan tentang SCIENCE (Lanjutan).


Dalam BAB ini akan dijelaskan mengenai korelasi antara sains dengan ilmu-ilmu lain, seperti sosial masyarakat, ilmu alam dan lain sebagaimana. Seperti di kutip dalam Buku MADILOG BAB IV di bawah ini:


"Masih kita ingat, bahwa Matematika maksudnya ialah menyusun dan mengumumkan buktinya pada suatu teori, menguji betulnya teori ini dengan cara memasang, mengungkai dan menyesatkan. Dalam pokok besarnya maksud dan cara Ilmu Alam dan kawannya, sama juga dengan matematika. Tetapi buktinya matematika ialah barang yang lebih kurang abstract, seperti titik, baris dan sudut. Sedangkan Ilmu Bukti yang lain melayani benda seperti Bintang, Bumi, Matahari, Udara, Tumbuhan, Hewan, Logam, Garam, Zat, kuman dsb. Ilmu masyarakat seperti Sejarah, Ekonomi, Politik, dll, sama juga maksudnya dengan Matematika. Tetapi pada Ilmu Alam & Co, teori itu ada berupa LAW, ialah undang yang diperoleh dengan cara induction, yang dilaksanakan dengan Deduction dan selanjutnya dipastikan dengan cara verifikation".
Baiklah, tidak usah berlama-lama. Silahkan langsung saja kunjungi link downloadnya disini. Setelah itu baca dan pahami, meskipun harus sabar dan rela mengulang membacanya. 

Demikian sedikit banyaknya mengenai MADILOG Karya Tan Malaka. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kehidupan dan kecerdasan bangsa. Jangan lupa, jika akan membaca siapkan dulu kopinya sebagai kawan menikmati setiap abjad sejarah dan ilmu. :)
Jika diantara pembaca masih ada yang bertanya-tanya tentang siapa sebenarnya Tan Malaka? jangan lewatkan tulisan yang satu ini, Biografi Tan Malaka (1897 - 1949).
Selain itu, karya-karya Tan Malaka yang lain juga tidak sedikit. Diantaranya yaitu: Semangat Muda, Aksi Massa, GERPOLEK (Gerilya-Politik-Ekonomi) dan karya-karya lainnya. Mengingat sepak terjang Tan Malaka sebagai gerilyawan sekaligus tokoh penting bangsa ini. Maka sudah tentu, karya-karyanya memiliki nilai yang cukup penting. Baik sebagai penambah refrensi kesejarahan juga sebagai pembentukan model berpikir yang benar-benar revolusioner.

Salam dari sudut keinginan berbagi, semoga harimu menyenangkan dan bermanfaat. Happy Blogging.








0 komentar:

Post a Comment