Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

09 September 2014

Cara Posting Blog Melalui BlackBerry


Hallo sobat, lama tidak berkunjung ke rumah sendiri ternyata banyak rumput liar. Kotoran disana-sini, genteng pada bocor, perlu kerja ekstra ini buat mengembalikan seperti semula. :))

Sebelumnya, barangkali mau membuat kopi dahulu juga boleh. Dulu di beberapa postingan sebelumnya saya pernah mengatakan akan berbagi mengenai Cara Posting Blog Melalui BlackBerry. Nah, pagi ini mumpung waktu lagi senggang dan perangkat mendukung saya berniat menepati janji saya. Takutnya kalau tidak menepati janji nanti saya dikira politikus atau anggota dewan. hehe

Baiklah langsung saja dari pada bertele-tele dan ujungnya hanya menggunjing, lebih baik langsung pada intinya saja. Jadi kawan, pada dasarnya ini berlaku buat gadget lainnya juga seperti android misalnya. Namun seperti android biasanya ada aplikasi Blogger, berhubung saya pengguna BlackBerry maka saya mencoba cari aplikasinya namun tidak ketemu juga. Akhirnya saya coba cari cara agar tetap bisa berbagi lewat blog ini meskipun lewat BlackBerry. Setelah berusaha sedemikian rupa akhirnya ketemu juga caranya (ciee mendramatisir euyy).

Sebenarnya caranya cukup mudah bagaimana Cara Posting Blog Melalui BlackBerry ini, kita hanya perlu melakukan pengaturan di publikasi saja. Atau dengan kata lain kita hanya akan membuat semacam email yang mengarah pada postingan blog saja. Tentu saja dengan model pengaturan sesuai hati sobat Blogger sekalian, apakah ingin langsung publis atau melalui moderasi.

Untuk lebih jelasnya, berikut Cara Posting Blog Melalui BlackBerry:

  • Anda perlu mengarah ke tombol Setting/Setelan pada halaman Dasbor blog sobat.
Untuk model tampilan Dasbor yang baru berada di kiri bawah, jika sudah ketemu klik saja maka akan muncul beberapa menu pilihan.

  • Pilihlah menu Seluler dan Email
Setelah itu maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.























Perhatikan gambar yang sudah saya tandai dengan nomor dan tanda panah. Untuk tanda panah nomor satu (1) berisi email sobat, artinya secara otomatis sudah muncul. Jadi biarkan saja, yang terpenting adalah sobat mengingatnya dengan betul. Kemudian untuk tanda panah nomor dua (2) inilah yang menjadi kunci dari pertanyaan-pertanyaan mengenai bagaimana Cara Posting Blog Melalui BlackBerry. Maka isilah kolom di nomor dua sesuai keinginan anda. Namun apabila kata kunci anda tidak bisa diterima sistem, itu berarti anda mesti mencari kata lain. Contoh: (emailanda) kemudian yang di dalam kotak anda isi dengan (update) dan apa bila berhasil maka akan menjadi seperti ini: emailanda(dot)update(at)blogger(dot)com.

  • Atur notifikasi publikasi
Pada gambar diatas, tepatnya dibawah yang sudah saya tandai ada beberapa menu pilihan. Antara lain yaitu: segera publikasi email, simpan email sebagai draf entri, dinonaktifkan.
Untuk yang pertama yaitu proses pengiriman email yang anda posting akan segera dipublis tanpa menunggu moderasi. Kemudian yang kedua yaitu akan melalui moderasi terlebih dahulu, yaitu dengan format tersimpan dahulu sebagai draf di blog. Dan anda baru bisa mempublisnya ketika membuka dasbor blog. Dan yang terakhir yaitu untuk menonaktifkan.
Jika sampai disini sudah paham dan tiap langkahnya sudah anda lakukan, maka jangan lupa untuk menyimpan pengaturannya. Selesai dan anda sudah bisa melakukan posting lewat BlackBerry atau email yang anda buat.

Selanjutnya kita beralih ke halaman email. Pengaturan di blog sudah selesai, lalu bagaimana cara mengirimkan artikel yang sudah kita buat agar bisa terpublis di blog? Sangat mudah sobat, caranya sama dengan kita mengirim email pada umumnya. Dan ingat email yang barusan anda buat di Dasbor blog itulah yang menjadi alamat email tujuan. Tadi saya contohkan dengan emailanda(dot)update(at)blogger(dot)com, nah alamat email tersebutlah yang menjadi email tujuan.

Kemudian jangan lupa pada kolom subjek yang tertera di halaman email isilah dengan tulisan yang akan sobat jadikan judul di postingan. Sebab disitulah fungsinya, maka jangan sampai lupa untuk mengisinya. Kecuali memang sobat berniat melakukan posting tanpa diberi judul. Untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan dan kekurangan dari Cara Posting Blog Melalui BlackBerry ini, sobat bisa baca-baca dahulu postingan saya sebekumnya mengenai Update Blog Melalui BlackBerry. Terimakasih, cukup sekian dan selamat mencoba. Semoga sukses selalu untuk kita semua.



0 komentar:

Post a Comment