Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

31 March 2015

Cara Aman Belanja di Internet

Perkembangan dunia internet terus mengalami kemajuan yang signifikan, terbukti media ini bukan hanya di jadikan sebagai ajang komunikasi saja. Melainkan menjadi salah satu nilai investasi yang cukup menjanjikan. Melalui internet kita sangat dimudahkan dalam berbagai hal, informasi misalnya, tak kurang-kurang setiak saat kita disuguhkan informasih dari belahan dunia. Apapun dan dimanapun, hampir semua bisa kita akses melalui internet. Hal yang tidak kalah dari sebatas informasi dalam dunia internet yaitu bisnis online. Ada ribuan situs perjualan yang menjajakan produknya melalui internet, baik itu industri-industri besar maupun kecil, baik itu perusahaan maupun rumahan. Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan di dunia internet tentu saja kita merasa sangat dimudahkan juga diuntungkan.

Namun saking banyaknya toko online yang bermunculan di dunia internet, seringkali menjadikan kita ragu. Mengingat banyaknya kasus-kasus penipuan berkedok jual-beli secara online. Dengan demikian kewaspadaan serta kehati-hatian menjadi syarat mutlak untuk kita tidak menjadi korban penipuan yang selanjutnya. Berikut sedikit gambaran mengenai Cara Aman Belanja di Internet:

  • Kenali peruhaan/ penjual dengan cermat
Dalam beberapa kasus, cara mengenali perusahaan atau penjual di internet itu penipu atau tidak dapat dilihat dari bagaimana tampilan toko. Sederhanya, perusahaan/ penjual yang serius pasti tidak akan mungkin melakukan hal-hal bodoh, sebab itu akan berdampak kepada nilai kepercayaan calon pembeli. Misalnya, tampilan toko pasti akan dikemas secara profesional alias tidak abal-abal. Pastikan tempat dimana anda akan melakukan transaksi setidaknya ada tanggal berdiri, kejelasan produk yang ditawarkan.

  • Pastikan harga produk sesuai standar
Siapa sih yang tidak ingin barang murah tapi kualitas bagus? pasti hampir semua orang juga menginginkan hal demikian. Namun bagi kalian yang akan melakukan pembelian secara online, jangan mudah tergiur dengan iming-iming harga murah (dibawah standar). Kalau orang jawa bilang rego nggowo rupo artinya harga berimbang dengan kualitas. Nah adi jangan mudah terpengaruh dengan iming-iming harga murah.

  • Cari refrensi
Semisal anda sudah menentukan ingin membeli barang di toko A, coba lihat testimoni orang-orang yang sudah pernah melakukan. Kalian bisa googling, atau cari kenalan atau teman yang sudah pernah melakukan transaksi. Dari situ kalian akan tahu bagaimana pelayanannya, penipuan atau tidak.

  • Cek model transaksi
Selanjutnya cek bagaimana cara melakukan transaksi di toko tersebut, penggunaan jasa pengirimannya apa, kapan barang akan sampai setelah pembayaran dan lain sebagainya. Dan yang paling penting kalian mendapatkan bukti resi pengiriman barang yang kalian pesan. Apakah ada garansi apabila barang pesanan kalian tidak sampai tujuan, pokoknya cermati betul.

  • Periksa kredibilitas perusahaan
Point ini menjadi penting, sebab dengan kalian mengetahui kredibilitas perusahaan tersebut kalian bisa semakin yakin untuk melakukan transaksi. Uji ini bisa dilakukan dengan cara diatas, seperti mencari refrensi atau review terkait perusahaan tersebut di internet. Bagaimana track recordnya selama berdiri, seluk-beluk perusahaan, dan hal yang kalian anggap perlu ada dalam sebuah perusahaan.

  • Pastikan alamat anda benar
Banyak terjadi tidak sampainya barang ke tujuan lantaran pembeli tidak lengkap mencantumkan alamatnya. Karena itu pastikan alamat yang kalian cantumkan benar-benar detail, dan lebih baik cantumkan nomor yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Hal ini guna memudahkan pengiriman barang pesanan agar sampai tujuan sesuai jadwal yang ditentukan.

Nah, dari semua point-point diatas hal yang terpenting yaitu seberapa anda percaya dan yakin terhadap calon penjual. Yang jelas kehati-hatian serta kewaspadaan mesti selalu menjadi prioritas kita, bagaima kita menggunakan internet secara bijak dan baik. Oke sekian semoga bermanfaat. Salam

2 comments:

  1. kalau saya jarang meragukan keamanan belanja di internet.
    selama belinya di tempat terpercaya, ya nggak usah taku ditipu :-))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini, yang terpenting jangan mudah tergiur hanya karena murah ya masnya.... :))

      terimakasih sudah singgah...

      Delete