Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

17 February 2014

Alasan Klasik, Namun Selalu Membuat Terusik

Alasan Klasik, Namun Selalu Membuat Terusik


Menurut para blogmaster, blog tidak lain seperti sebuah kebun yang kita tanami dengan berbagai macam tumbuhan. Bisa sayur-mayur, buah-buahan atau bunga setaman. Semua itu tergantung pemiliknya yang berkeinginan menanam apa. Jika sang pemilik kebun menginginkan tanaman yang tumbuh dikebun bagus, tentu sang pemilik harus rajin-rajin merawatnya. Jika tidak, maka jangan heran semisal menanam anggur yang tumbuh tumbuh justru ilalang arau rumput-rumput liar.

Nah begitu juga dengan blog, anggaplah blog kita merupakan sebuah kebun yang kita miliki. Namun jika blog kita tidak dirawat dengan baik, ya jangan merajuk ketika nantinya tidak menghasilkan apa-apa. Boro-boro pundi-pundi rupiah, isinya saja tidak jelas atau lebih parahnya lagi tidak ada. hhee

Tapi ya itulah seringkali yang kita alami, memiliki keinginan yang tidak diimbangin dengan usaha dan ketekunan yang sebanding. Tidak usah jauh-jauh, blog ini saja hampir beberapa hari ini fakum alias tidak update. Alasan empunyapun sangat-sangat klasik, yaitu kesibukan di dunia luar yang cukup memforsir. Ce ileee. Sampai-sampai kebun yang mestinya dirawat malah terbengkalai, memang luar biasa manusia. :D

Alasan Klasik

Berdasarkan pengamatan pribadi, ternyata banyak blogger musiman yang memiliki alasan klasik ketika lama tidak update blog. Salah satunya ya aku ini, lagi-lagi kesibukan sehari-hari dikambing hitamkan. Mulai dari urusan akademik, keluarga, pekerjaan dan masih banyak lagi. Pokoknya orang-orang kaya aku ini tidak akan kehabisan alasan buat mengelak, intinya sih cuma satu, MALAS. :D

Namun belakangan aku mendapatkan wangsit dari simbah moyang (mulai horor nie), tepatnya sih simbah Pramoedya Ananta Toer. hee Menurut beliau, bahwa "menulis adalah pekerjaan untuk keabadian", artinya dengan menulis kita akan menorehkan dokumentasi sejarah melalui tulisan itu sendiri. Kira-kira begitulah maksud dari kalimat diatas. Nah, kaena itulah akhirnya saya berusaha menulis lagi diblog ini. Ada dan tidak adanya orang yang membaca itu urusan nantilah, yang terpenting adalah saya bisa berlatih dan berlatih secara terus-menerus. Toh saya rasa tidak ada yang melarang ketika aku menuliskan kisahku sendiri, maklum blogger musiman.

Nah, apakah kamu termasuk orang-orang seperti saya ini. Blogger musiman yang seringkali terjebak oleh alasan klasik, alasan itu-itu saja dari dulu sampai sekarang. Jika memang iya, tidak ada salahnya ikut mencoba memangkas itu. Tidak usah malu dengan hasil tulisan, PeDe sajalah seperti saya ini, yang penting menulis. :)

Yang Klasik, Ternyata Mengusik

Setelah saya pikir-pikir lama, ternyata alasan klasik itu sebenarnya cukup absurd jika dijadikan alasan untuk tidak memulai melakukan. Bayangkan saja, alasannya dari dulu itu-itu saja. Kesibukan juga nyata-nyatanya tidak terlalu sibuk selama dua puluh empat jam penuh. Pasti ada lah satu sampai dua jam dalam sehari waktu luang itu. Kenapa tidak kemudian kita manfaatkan saja waktu yang luang itu.

Dari sinilah, saya pribadi kemudian merenung panjang sampai susah tidur dan makan. hhehee Bahwa ternyata Yang Klasik itu Ternyata Mengusik, mengusik diri untuk segera melakukan pembenahan terhadap blog yang lama tidak update ini. Karena itu, jika saya saja mampu kenapa kamu tidak? Jika memang menginginkan pembelajaran yang lebih Bagaimana Cara Mudah Update Blog, saya rasa banyak bibitnya di internet. Tinggal cari saja lalu baca dan pahami, kemudian cobalah buat mengaplikasikannya.

Hal yang menjadi point penting sebenarnya adalah bagaimana kemauan untuk memulai menulis itu timbul, selebihnya bisa dimodifikasi sambil terus belajar. Anggaplah blog ini sahabatmu, tempatmu bercerita, berkeluh kesah atau apapun, sukur-sukur bisa berbagi informasi satu sama lain. Kalau kata Orang Jawa "alon-alon asal kelakon" yang artinya pelan-pelan saja asal konsisten.

Bagaimana, apa masih ingin terjebak dalam permainan alasan klasik? Jika tidak, maka segeralah memulai menulis. Dimulai dengan menulis status Facebook bisa, Twitter juga bisa, jejaring lain juga masih banyak lagi, dengan berkomentar terhadap tulisan ini juga bisa. hehee

Oke terimakasih sudah bertandang, semoga bermanfaat meskipun sedikit. Salam kopi dan membaca, Happy Blogging semua. :))






6 comments:

  1. Nggak muncul ide. Termasuk alasan klasik atau bukan ya? :D

    ReplyDelete
  2. Aah, menginspirasi sekali..
    Alasan kuno yang selalu saya utarakan setiap tidak apdet blog : sibuk kuliah dan nggak ada laptop, hehe...

    ReplyDelete
  3. @Nhe : Hemmm masa sih?? Padahal biasanya banyak ide, hanya bingung memulai dari mana..heee

    ReplyDelete
  4. Destiany: hehee ya begitulah manusia mbaknya, cayoo buat gerakan semangat menulis....untuk kerja-kerja keabadian.. :)

    ReplyDelete
  5. Jujur, saya masih terjebak alasan klasik dan sepertinya saya juga blogger musiman T_T

    ReplyDelete
  6. Nasition: semangat gan, sesama blogger musiman dilarang saling mendahului #eh

    ReplyDelete