Belajar Menulis, dokumentasi pemikiran perjalanan hidup.

01 May 2013

Konflik Dalam Kehidupan

 
[menulis]Dalam kehidupan bersama suatu kelompok atau masyarakat, tentu perlu adanya sebuah hubungan interaksi satu sama lain. Baik dalam hal yang saling menguntungkan atau bahkan sebaliknya, karena pada dasarnya tetap dalam lingkaran hubungan berinteraksi masing-masing individu dengan yang lainnya. Konflik misalnya, meskipun memiliki konotasi negatif, namun dalam hal tersebut tidak bisa dipungkiri akan adanya hubungan interaksi.
Telah kita ketahui bersama, bahwa setiap individu memiliki pandangan masing-masing terhadap sebuah keadaan, karena setiap kepala memiliki sistem kerja akal yang berbeda dalam pemikirannya.

Salah satunya yaitu konflik tadi, tidak mungkin akan tercipta sebuah konflik dalam sebuah kehidupan bersama, selama masih satu pemikiran dalam berpandangan, dalam artian pasti selalu ada perbedaan yang cukup berarti ketika konflik itu tercipta. Namun perlu ditekankan juga bahwasanya dalam konflik tersebut ada suatu pernyataan yang melandasi kehidupan menjadi indah, yakni perbedaan itu indah. Jelas bahwa dalam hal ini perbedaan itu mampu menjadikan masing-masing individu diantara kita lebih kritis dalam berfikir, serta akan banyak hal baru yang mampu didapatkan oleh masing-masing individu tersebut.
Untuk mampu saling mengoreksi diri satu sama lain dalam menjalani kehidupan bersama, maka perlu adanya sikap kedewasaan dalam penyikapan terhadap diri dalam berinteraksi. seperti yang sudah dipaparkan diatas, bahwa konflik itu akan selalu ada dalam kehidupan bersama, namun dapat diminimalisir dengan sikap dari masing-masing individu itu sendiri. selalu berfikir positif serta saling menghargai merupakan sebagian kecil yang bisa dilakukan untuk meminimalisir konflik.

Terus berusaha untuk mengikis sifat egois demi kepentingan bersama juga wujud konkrit atas itu. karena selama ego masih dikedepankan, konflik akan lebih sering muncul dalam kehidupan, perlu di ingat bahwa kita hidup dalam lingkaran ego orang lain juga. jadi perlu kiranya mengesampingkan ego pada saat berbicara kepentingan bersama. kita akan selalu membutuhkan orang lain dalam bermasyarakat, bahkan untuk berintrospeksi diri sekalipun kita membutuhkan orang lain dalam bentuk kritik. so....hargailah mereka, maka mereka pun akan menghargai kita semua.

Demikian, sedikit tentang adanya sebuah konflik. Baik itu dampak ataupun sebuah imbas, yang jelas Konflik Dalam Kehidupan keberadaannya merupakan kepastian. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment